Konsumen adalah sumber kehidupan seluruh jenis perusahaan. Apapun bidang industri yang Anda jalankan Anda memerlukan konsumen. Ada banyak tipe konsumen dalam bisnis yang perlu diketahui para pengusaha. Dengan mengetahui tipe konsumen, Anda akan lebih mudah menentukan strategi penjualan yang tepat.
Kenyataan dalam bisnis, sebagai pengusaha Anda tidak bisa hanya fokus pada kualitas produk yang Anda miliki dan materi promosi yang keren. Tetapi Anda perlu memahami kenapa pelanggan harus membeli dari Anda. Untuk itu, Anda perlu memahami konsumen berdasarkan kebiasaan mereka dalam berbelanja.
Kali ini, Accurate Bandung akan memberikan Anda tips dalam menawarkan produk bisnis kepada konsumen berdasarkan tipe mereka. Ketika Anda memahami preferensi dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen secara spesifik, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari mengenali tipe konsumen yang Anda sasar.
Bukan Sekedar Mengejar Keuntungan
Ketika Anda ingin menargetkan konsumen pada bisnis. Pastikan Anda jangan sekedar mengharapkan “uang” mereka. Anda perlu menganggap mereka sebagai manusia yang memiliki kebutuhan dan selera masing-masing terhadap jenis produk.
Meskipun mungkin, produk atau layanan Anda tidak bisa menjadi pilihan bagi seluruh konsumen. Tetapi Anda bisa memotivasi mereka, mengapa mereka perlu membelanjakan uangnya untuk produk dan layanan yang Anda miliki.
Baca Juga: 5 Tips Memulai Perusahaan Sukses Di Bidang Apapun
Tipe Konsumen dan Cara Menawarkan Produk Kepada Konsumen
Konsumen Tradisional
Seperti Namanya, konsumen tipe ini sangat menyukai pengalaman berbelanja dengan pergi dan melihat langsung produk atau layanan yang ingin mereka beli. Mereka akan mencari perbandingan dengan konsumen lain yang telah berbelanja produk Anda sebelum mereka benar-benar melakukan transaksi dari Anda.
Dalam suatu produk atau layanan, tipe konsumen tradisional akan mencari karakteristik spesifik sebuah brand benar-benar memenuhi kebutuhan mereka. Biasanya mereka akan membeli produk atau jasa dari brand besar dan terkenal, karena mereka sudah pernah mendapatkan pengalaman berbelanja dari brand tersebut.
Bagaimana Cara Menjual Produk Kepada Konsumen Tradisional?
- Menawarkan brand bergengsi dengan kualitas terbaik
- Bersikap langsung dan praktis saat menjelaskan manfaat dan keterbatasan produk
- Jangan bersikeras, jika mereka belum tertarik dengan produk Anda. Jangan pernah memaksakannya.
Konsumen Ragu-Ragu
Konsumen jenis ini mungkin ada cukup banyak diluaran sana. Mereka sangat senang membandingkan harga. Sebelum membeli, mereka akan pergi ke toko offline dan mengecek produk ke toko online. Konsumen jenis ini sangat senang mendengar pendapat orang lain sebelum memutuskan pembelian.
Ketika mereka mendengar sesuatu yang negatif terhadap brand, mereka akan meninggalkan brand tersebut.
Cara Menjual Kepada Konsumen Ragu-Ragu
- Selalu beri penawaran kepada mereka selama proses penjualan
- Perhatikan detail terkecil. Anda perlu menyiapkan detail-detail terkecil, baik itu metode pembayaran, promosi, dan memberikan layanan pelanggan terbaik
- Tunjukan Secara spesifik. Pastikan karyawan Anda mampu memberikan kepercayaan diri untuk menghindari keraguan tipe konsumen ini.
Konsumen Impulsif
Setiap bisnis selalu ingin mendapatkan tipe konsumen dalam bisnis satu ini. Mereka sangat impulsif dalam pembelian, sering menjadikan kartu kredit sebagai sahabat untuk berbelanja. Tipe konsumen impulsif akan mudah terangsang dengan visual atau pendengaran dalam menikmati aktivasi.
Konsumen jenis ini sangat cenderung cepat jatuh cinta kepada brand, produk, dan perusahaan. Sehingga Anda perlu bekerja lebih keras untuk bisa mendapatkan konsumen ini dan berhasil melakukan penjualan. Adapun trik untuk menjual kepada konsumen jenis ini, yakni :
- Terus perbarui produk dan layanan Anda. Mereka sangat menyukai hal-hal baru
- Berikan Diskon dan Promo. Jenis konsumen ini sangat menyukai perlakuan istimewa, jadi jangan lupa untuk memberikan penawaran eksklusif kepada mereka.
- Fokus menciptakan pengalaman berbelanja
Konsumen Emosional
Jenis konsumen ini akan membeli produk atau layanan berdasarkan dengan emosi yang sedang terjadi pada diri mereka. Mereka akan membeli produk atau layanan karena merasa senang, sedih, marah, atau cemas.
Selain memahami apa yang mereka beli berdasarkan emosi, Anda juga perlu membangun kepercayaan kepada mereka. Biasanya konsumen jenis ini akan mudah menjalin hubungan jangka panjang dengan brand. Untuk itu, Anda perlu memahami konsumen sebagai makhluk emosional.
Baca Juga: Langkah-Langkah Membuat Rencana Strategis untuk Bisnis
Cara Menawarkan Kepada Konsumen Emosional:
- Bangun hubungan emosional
- Rancang program penghargaan dan loyalitas
- Bangun kampanye pemasaran
Konsumen Pemburu Diskon
Memahami jenis konsumen Pemburu diskon sangat mudah dilakukan oleh brand. Mereka tidak mencari produk berdasarkan kualitas. Tetapi mereka mencari produk dengan penawaran dan harga terbaik, biaya serta manfaat terbaik.
Konsumen jenis ini selalu mengetahui semua merek dan toko karena mengikuti jejaring sosial. Para konsumen tidak akan pernah melewatkan setiap promo dan diskon yang diberikan.
Anda perlu mengetahui konsumen ini mengetahui seluk beluk produk, bahkan mereka memiliki berbagai rencana untuk mendapatkan harga terbaik dari brand.
Bagaimana Menjual Kepada Konsumen Pemburu Diskon?
- Buat konten yang membuat mereka mudah untuk jatuh cinta dengan merek Anda. Pastikan Anda memiliki promosi yang luar biasa.
- Tawarkan Harga Terbaik, Anda bisa menawarkan mereka keanggotaan, atau kartu loyalitas agar mereka menjadi klien tetap.
Konsumen Proaktif
Konsumen jenis ini selalu ingin menjadi pihak yang paling istimewa. Mereka sangat senang untuk menjadi konsumen pertama untuk mendapatkan produk atau layanan terbaru. Terkadang, mereka memanfaatkan jejaring sosial untuk memberikan saran kepada brand untuk menciptakan produk atau layanan sesuai kebutuhan mereka.
Brand sering menjadikan pendapat mereka sebagai bahan masukan. Sebab jenis konsumen proaktif akan menjadi pelanggan setia dan mampu meningkatkan merek. Mereka selalu menjadi iklan berjalan yang bisa mendorong penjualan secara terus menerus. Asalkan brand mampu menjadikan mereka pihak yang istimewa.
Baca Juga: 7 Cara Sederhana Menciptakan Pengalaman Pelanggan
Cara Menawarkan Ke Konsumen Proaktif
- Lakukan riset pasar dan survei mendalam
- Minta mereka memberikan feedback setelah melakukan pembelian
- Gunakan jejaring sosial untuk berkomunikasi
Kesimpulan
Terlepas dari pertumbuhan bisnis, mengetahui dan mengidentifikasi tipe konsumen dalam bisnis akan membantu Anda untuk merancang strategi yang lebih terfokus untuk beradaptasi dengan konsumen. Pastikan Anda mampu menciptakan program dan strategi menarik untuk memanjakan para konsumen.