[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Ya benar, tahun 2020 adalah tahun yang berat bagi kebanyakan orang, termasuk para pelaku bisnis. Menurut sebuah survei ini, 47% dari merek di dunia telah melihat dan mengetahui  beberapa implikasi penurunan pendapatan karena pandemi.
33% lainnya menjawab bahwa masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa kita masuk ke dalam jurang resesi. Semua bisnis telah terpengaruh, dan jika melanjutkan dengan strategi pemasaran lama makan kemungkinan kita tidak bisa bertahan dalam masa new normal saat ini.

Cara Mengoptimalkan Strategi Pemasaran di Masa New Normal

 

1. Tinjau Buyer Persona pada Bisnis Anda, Apa ada yang Perlu Diubah?

Jika Anda perlu bantuan membuat persona pembeli untuk pertama kalinya, kami menulis posting blog tentang cara mendefinisikan buyer persona Anda dalam 4 langkah . Personas pembeli harus terus berkembang saat Anda belajar, seiring pertumbuhan bisnis Anda, dan saat dunia berubah.
Seiring berjalannya waktu, pengetahuan tentang audiens ideal Anda menjadi lebih akurat. Setelah Anda menciptakan buyer persona secara terus-menerus, pelajari juga data untuk wawasan utama tentang situasi, proses berpikir, dan aktivitas mereka.
Jika Anda memiliki webiste atau toko online dan menjual produk Anda disana, Anda bisa menggunakan alat gratis namun powerfull adalah Google Analytics.
Google Analytics menyediakan banyak data untuk memahami pola dan aktivitas penelusuran pengunjung umum dan data lainnya seperti sumber dan kunjungan halaman. Tim penjualan Anda mungkin juga dapat memberikan data kualitatif dari percakapan mereka dengan pembeli.
Apakah ada segment audiens yang benar-benar baru yang dapat Anda kembangkan pada saat new normal? Jika demikian, bagaimana Anda bisa merisetnya sekarang dan mengembangkan pesan atau konten yang menjangkau mereka secara efektif.

 

2. Tinjau Buyer’s Journey Anda – Apakah Anda tahu Proses Baru Mereka? 

Perjalanan pembeli atau buyers jouney adalah proses yang dilalui pembeli saat membeli suatu produk atau layanan. Dengan mengetahui proses mereka, Anda dapat menjangkau pembeli dengan lebih baik di sepanjang perjalanan mereka dengan menghadirkan konten dan pesan yang relevan dan bermanfaat untuk membantu membimbing mereka dalam melakukan pembelian.
Perjalanan pembeli pada umumnya meliputi 3-6 tahapan , seperti diuraikan di bawah ini. Perjalanan pembeli dapat berbeda menurut bisnis.

 

3. Tinjau Strategi Pemasaran Anda Saat ini Dengan Menghitung ROAS dan ROI Anda

 

Formula yang baik untuk digunakan untuk menghitung Return on ad Spend atau ROAS Anda adalah:
Cara lain yang baik untuk mengukur keberhasilan upaya pemasaran Anda saat ini / sebelumnya adalah menghitung ROI Anda dengan menemukan biaya per prospek dan nilai prospek.

 

Pemasaran yang sukses selalu tentang pengujian, analisis, dan inovasi taktik yang menjangkau dan beresonansi dengan audiens Anda. Meluangkan waktu untuk meninjau dan berinovasi pada strategi pemasaran Anda adalah proses yang idealnya harus dilakukan setiap tahun, terutama di saat perubahan besar seperti sekarang, “New Normal”. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki harga terjangkau dan fitur terlengkap. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

[/vc_column_text][vc_widget_sidebar sidebar_id=”sidebar-bisnis”][/vc_column][/vc_row]