Peran Akuntansi Dalam UMKM
Dalam mengelola bisnis UMKM, satu hal yang vital namun juga sering dianggap remeh oleh beberapa pelaku bisnis adalah Ilmu Akuntansi. Karena banyak pemilik bisnis hanya mementingkan untung bisnisnya saja. sehingga banyak perusahaan di Indonesia mengalami kegagalan atau sering disebut gulung tikar.
Akuntansi berasal dari bahasa inggris yaitu “to account” yang artinya menghitung suatu yang kaitannya dengan keuangan dari suatu perusahaan.
Peran Akuntansi Dalam UMKM dan Pengertian Akuntansi.
Akuntansi berasal dari bahasa inggris yaitu “to account” yang artinya menghitung suatu yang kaitannya dengan keuangan dari suatu perusahaan.
Pengertian lain akuntansi adalah proses dari transaksi yang dibuktikan dengan faktur, lalu dari transaksi dibuat jurnal, buku besar, neraca lajur, kemudian akan menghasilkan informasi dalam bentuk Laporan keuangan.
Baca juga : Prinsip Akuntansi Berlaku Umum
Tidak sedikit yang berfikir bahwa menjalankan bisnis skala kecil tidak perlu susah-susah mengatur keuangan karena semua masih bisa dikontrol. Walaupun bisnis masih kecil, managemen keuangan adalah hal penting yang tetap harus dipertimbangkan. Berikut peran akuntansi dalam bisnis UMKM diantaranya:
Mengetahui Kondisi Bisnis
Anda tidak akan tahu secara menyeluruh bagaimana kondisi bisnis Anda berjalan jika tidak mengetahui ilmu Akuntansi.
Membantu Proses Peminjaman
Laporan keuangan yang Anda susun bisa bermanfaat untuk ini. Ketika anda mengajukan peminjaman ke bank maupun ke investor, maka mereka biasanya meminta laporan keuangan Anda. Jika laporan keuangan Anda tidak sehat, maka pemberi pinjaman tidak akan memberikan dana untuk usaha Anda.
Mengontrol Keuangan Bisnis
Dengan adanya laporan keuangan. Mau tidak mau anda harus rajin mencatat semua pengeluaran dan pemasukan untuk membuat laporan keuangan itu sendiri.
Menentukan Target Selanjutnya
Salah satu jenis laporan keuangan dalam akuntansi adalah Laporan rugi laba. Laporan rugi laba dapat memberi tahu Anda seberapa berkembangnya bisnis yang Anda kelola. Dari situ Anda bisa tahu langkah apa yang akan diambil selanjutnya. Misalnya mengambil sebagian keuntungan untuk membuka cabang.
Memudahkan Anda Saat Pelaporan Pajak
Jika Anda memiliki Laporan keuangan yang lengkap, akan memudahkan Anda pada saat pelaporan pajak. Begitu sebaliknya jika Anda tidak memiliki laporan keuangan maka sangat sulit sekali untuk pelaporan pajak.
Baca juga : Bisnis Gagal Jangan Menyerah Cari Solusinya
Kesimpulan:
Jika Anda tidak memiliki ilmu tentang Akuntansi tidak perlu khawatir, maka gunakan software yang tepat seperti Accurate Online karena semua transaksi yang Anda input seperti buku besar, kas&bank, persediaan, penjualan, pembelian, Asset semua akan dikerjakan oleh Accurate Online.
Ingin tahu lebih lanjut fitur-fitur apa saja yang ada di Accurate Online silahkan klik disini