Harga adalah nilai yang diberikan pada suatu produk atau layanan dan merupakan hasil dari serangkaian perhitungan, penelitian dan pemahaman yang kompleks serta kemampuan mengambil risiko.
Strategi penetapan harga antara lain mempertimbangkan segmen, kemampuan membayar, kondisi pasar, tindakan pesaing, margin perdagangan, dan biaya input. Ini ditargetkan pada pelanggan yang ditentukan dan melawan pesaing. Mengembangkan strategi penetapan harga bisa menjadi salah satu tugas paling menantang yang dihadapi bisnis. Harga perlu ditetapkan cukup tinggi untuk menutupi biaya produk sekaligus memberikan keuntungan bagi bisnis.
Pengertian Harga Fleksibel atau Fleksibilitas Harga
Penetapan harga fleksibel atau fleksibilitas harga adalah praktik penetapan harga suatu produk atau layanan melalui negosiasi antara pembeli dan penjual, dalam kisaran tertentu. Ini adalah salah satu dari banyak strategi harga berbeda yang digunakan oleh manajemen untuk merangsang permintaan dan pendapatan.
Dengan kata lain, pelanggan dan penjual dapat berkumpul dan mencoba untuk mengubah harga, yaitu menurunkan atau menaikkan harga. Penetapan harga yang fleksibel tidak hanya berlaku untuk harga barang tetapi juga layanan. Faktanya, ini adalah strategi yang sangat umum dalam layanan yang dibuat khusus.
Jika dilakukan dengan benar, perusahaan dapat menjual produk mereka dengan harga yang lebih tinggi dan dengan jumlah yang lebih banuak dari semula. Kebijakan harga fleksibel atau fleksibilitas harga adalah praktik standar dalam sebagian besar strategi untuk memperbaiki manajemen pendapatan.
Istilah ini juga dapat merujuk pada mengadaptasi harga seseorang lebih dekat dengan kekuatan pasar. Kekuatan pasar adalah kekuatan penawaran dan permintaan. Ketika permintaan naik atau penawaran menurun, harga naik. Sebaliknya, ketika permintaan menurun atau penawaran meningkat, harga turun.
Contoh Fleksibilitas Harga dalam Bisnis
1. Misalnya pelanggan meminta layanan dari hotel
biasanya tidak disediakan. Oleh karena itu tidak ada harga yang ditetapkan sehingga terbuka untuk negosiasi.
Dalam hal ini hotel dapat beroperasi dengan kebijakan harga fleksibel yang memungkinkan pelanggan untuk membeli item menu dengan biaya tambahan. Pelanggan dengan ini akan mengevaluasi harga menurut dia harga lain yang diketahui untuk produk atau layanan tersebut.
2. Contoh lain adalah seorang tukang kayu
misalnya, menagih pelanggan sesuai dengan jumlah penyesuaian yang diminta pelanggan. Tukang kayu juga memperhitungkan berapa banyak yang dia yakini mampu dibeli oleh pelanggan.
Pelanggan kemudian menegosiasikan harga sesuai dengan pemahaman mereka tentang pasar.
3. Lalu ada juga Last-minute flights.
Kursi maskapai penerbangan yang kosong untuk penerbangan yang lepas landas dalam dua jam, misalnya, adalah salah satu layanan atau produk yang rentan. Setelah penerbangan lepas landas, Anda tidak bisa menjualnya.
Jika karyawan maskapai penerbangan dapat bernegosiasi dengan konsumen secara langsung, perusahaan kemungkinan besar akan menjual kursi kosong tersebut. Dengan kata lain, strategi penetapan harga yang fleksibel membantu menjual tiket di menit-menit terakhir.
Penetapan harga yang fleksibel berbeda dengan penetapan harga tetap. Penetapan harga tetap biasa terjadi di antara perusahaan besar dan pengecer. Jika Anda pergi ke supermarket besar, Anda tidak bisa menegosiasikan harga barang yang akan dijual.
Hal penting lainnya yang harus Anda lakukan jika bisnis Anda sudah jalan yakni adalah pembukuan yang baik. Dalam setiap bisnis atau usaha pembukuan adalah hal penting, tidak terkecuali untuk usaha Anda. Dengan mencatat semua transaksi yang terjadi ke pembukuan, menjadikan Anda tahu perkembangan bisnis Anda secara detail dari sisi keuangan dan nantinya Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk pengembangan bisnis.
Jika Anda kesulitan untuk melakukan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi yang cocok untuk berbagai jenis bisnis, mulai usaha dagang sampai jasa, UKM sampai pabrik manufaktur. Memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi kepercayaan 300 ribu pengguna dan pemilik usaha di Indonesia. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.