Perkembangan dunia yang begitu cepat saat ini, menuntut setiap pengusaha untuk mampu memimpin dengan baik, mendorong visi, dan memastikan setiap karyawan berada di jalur yang sama. Bagi pengusaha UMKM, biasanya hanya fokusk pada kegiatan pemasaran dan operasional rutin. Menjalankan aktivitas akuntansi, memelihara pencatatan, dan menghitung pajak tampaknya menjadi tugas yang melelahkan. Tampaknya Anda perlu melakukan otomatisasi akuntansi pada bisnis.

Apa saja hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk melakukan otomatisasi akuntansi pada bisnis? Kali ini Accurate Bandung akan membantu Anda untuk memberikan informasi kenapa hal tersebut penting dan bisa membuat Anda fokus dalam mengelola yang lain.

Jika Anda berpikir untuk membangun tim atau divisi tersendiri pada bagian akuntansi, Anda perlu mengetahui bahwa hal itu akan membuat Anda membayar lebih mahal. Karena mungkin Anda perlu minimal dua orang yang bertanggung jawab pada keuangan bisnis Anda. Berapa kira-kira biaya yang akan Anda keluarkan untuk dua orang tersebut setiap bulannya?

Berikut Alasan Kenapa Otomatisasi Akuntansi Perlu

Bisa Mengakses Data Akuntansi Kapan Saja

Hal pertama kenapa Anda perlu otomatisasi akuntansi pada bisnis adalah Anda tidak akan perlu membongkar catatan atau kumpulan faktur dan tanda terima untuk melihat setiap catatan yang telah dibuat sebelumnya. Tugas konvensional tersebut tentu sangat melelahkan dan membuang waktu produktif yang Anda miliki.

Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi akuntansi berbasis cloud seperti Accurate Online untuk mengelola semua faktur yang Anda miliki. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa membantu Anda melakukan akses tanpa batas ke data keuangan, catatan, dan saldo kas kapan saja, dan dimana saja asalkan terhubung dengan internet.

Baca Juga: 5 Tahapan Membuat Rencana Bisnis untuk UMKM

Jika Anda memang bukan seorang ahli akuntansi, Anda akan lebih mudah memahaminya. Karena tampilan dari Accurate Online sangat mudah dipahami oleh orang-orang yang memiliki sedikit pengetahuan akuntansi. Jika Anda ingin mencobanya, Anda bisa mendapatkan pengalaman mencoba Accurate Online selama 30 hari gratis dengan klik banner dibawah ini.

Menghemat Biaya

Daripada Anda mempekerjakan seorang akuntan untuk bisnis Anda yang mungkin saja masih tahap berkembang, tentu itu akan membuat Anda mengeluarkan budget lebih banyak setiap bulan. Sebelum bisnis Anda menjadi cukup besar, Anda bisa mengelola akuntansi sendiri dengan menggunakan software Accurate Online.

Hanya dengan Rp 2,4 juta selama satu tahun Anda bisa mendapatkan berbagai fitur kebutuhan akuntansi untuk bisnis Anda. Ada banyak fitur umum yang diperlukan dalam bidang akuntansi tersedia di Accurate Online. Dan Accurate Online merupakan software akuntansi yang sangat cocok untuk berbagai jenis usaha.

Peghematan biaya ini bisa membuat Anda lebih fokus menggunakan dana untuk hal lain yang lebih penting demi kemajuan bisnis Anda. Jika memang skala bisnis Anda terus meningkat, dan Anda sudah tidak mampu lagi mengelolanya, Anda bisa merekrut seorang akuntan yang bisa membantu bisnis Anda lebih berkembang.

Melakukan Audit Dengan Mudah

Otomatisasi Akuntansi pada bisnis UMKM
Source: EU-Startups.com

Otomatisasi akuntansi akan membantu Anda melakukan audit keuangan dengan lebih mudah. Jika Anda menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online, Anda akan mendapatkan pembukuan yang mutakhir, asalkan Anda telah melakukan pencatatan di awal dengan benar dan tepat. Anda akan mendapatkan hasil laporan keuangan dengan cepat dan akurat.

Dengan adanya catatan keuangan yang akurat, Anda akan lebih mudah dalam melakukan audit keuangan. Dari hasil audit Anda akan mengetahui berapa jumlah uang yang perlu Anda bayarkan untuk pajak dan juga biaya operasional.

Efisiensi

Semua pebisnis ingin bisnis dilakukan seefisien mungkin dan seefektif mungkin. Anda juga bisa mendapatkan hasil efisien ketika Anda melakukan otomatisasi akuntansi pada bisnis. Karena semua keperluan akuntansi, bisa Anda dapatkan secara online. Tanpa menunggu kabar dari staff Anda yang bertanggung jawab terhadap keuangan. Bisa saja, saat Anda menghubungi staff keuangan, mereka sedang sibuk sehingga tidak bisa diganggu.

Software akuntansi seperti Accurate Online akan mampu membantu Anda dalam menyediakan langkah-langkah akuntansi dengan mudah dan juga tidak menyita waktu yang Anda miliki. Pastikan juga Anda melakukan tahapan akuntansi dengan benar untuk mendapatkan hasil laporan keuangan akurat.

Mudah Di Mengerti

Seperti diawal tadi, mungkin banyak pengusaha yang sebenarnya tidak memiliki kemampuan akuntansi yang baik. Tetapi ketika Anda menggunakan software akuntansi Accurate Online, Anda bisa mudah mengerti istilah-istilah akuntansi pada Accurate Online.

Baca Juga: Tips Menemukan Software Akuntansi untuk Bisnis Baru

Keamanan

Saat Anda melakukan otomatisasi akuntansi, Anda akan memiliki keamanan keuangan yang lebih baik. Seperti saat Anda menggunakan Accurate Online, Anda akan mendapatkan keamanan data keuangan yang cukup aman setara keamanan perbankan.

Apa lagi di Accurate Online terdapat fitur approval. Sehingga staff yang melakukan transaksi, bisa hanya dibatasi sekedar menginput jumlah transaksi. Selebihnya Anda akan menyetujui atau tidak transaksi yang dilakukan. Tentu fitur ini akan membantu Anda dalam mengawasi keuangan bisnis Anda.