Melakukan ekspansi bisnis mungkin tampak lebih sulit daripada membangun bisnis. Tak mengherankan betapa banyak perusahaan yang muncul lalu tenggelam kembali tanpa menunggu lima tahun. Meskipun bisnis yang Anda jalankan skala UMKM, bukan berarti Anda harus melakukan strategi biasa-biasa saja untuk tumbuh. Ada berbagai cara strategis UMKM berkembang di 2022 yang perlu dilakukan.
Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu menonjol bahkan dari perusahaan berskala paling besar sekalipun. Menemukan strategi yang tepat untuk bisnis di masa Covid-19 memang cukup sulit untuk dilakukan. Dengan memanfaatkan strategi dan taktif efektif, Anda mampu memastikan masa depan yang menguntungkan pada bisnis yang Anda jalankan.
Agar bisnis Anda bisa berjalan sesuai dengan arah dan tumbuh selama 2022. Accuratebandung memiliki beberapa strategi yang bisa Anda terapkan. Tetapi strategi ini sangat perlu disesuaikan dengan bisnis yang Anda miliki.
Cara Strategis UMKM Berkembang
Bangun Brand Image
Sangat jarang UMKM yang sadar pentingnya brand image pada bisnis mereka. Padahal, saat ini popularitas bisnis menjadi pendorong paling penting untuk pertumbuhan sebuah bisnis. Baik itu bisnis skala kecil, menengah, dan besar. Brand image mampu meningkatkan basis pelanggan, asalkan bisnis Anda membangun brand image yang memikat.
Lagi pula, ketika konsumen mencoba sebuah produk, konsumen sangat mementingkan nilai dan identitas dari brand tersebut. Untuk mampu menciptakan citra merek yang kuat, Anda perlu mengembangkan kepribadian brand yang menarik sesuai dengan perusahaan Anda.
Sama pentingnya antara mempromosikan brand image dengan meningkatkan popularitas brand Anda. Sangat penting bahwa Anda mampu menyampaikan brand value Anda dalam setiap produk atau layanan dalam membangun strategi pemasaran di sekitar brand value.
Anda bisa menyesuaikan membangun brand image berdasarkan dengan strategi pemasaran Anda. Apakah dengan melakukan iklan di sosial media, promosi melalui influencer, atau memasang billboard yang bisa dilihat oleh banyak orang.
Baca Juga: Tidak Sembarangan, 8 Strategi Penetapan Harga Jual
Meningkatkan Customer Experience
Seberapa efektif strategi marketing yang Anda jalankan bersama tim atau seberapa besar nilai investasi yang telah Anda keluarkan dalam bisnis, tidak mungkin mengembangkan bisnis tanpa memperlakukan pelanggan dengan baik. Ketika ada pengalaman pelanggan yang tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan, mereka pasti akan pergi untuk mencari brand lain.
Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda harus mampu mendapatkan feedback yang baik dari pelanggan. Anda bisa menggunakan berbagai cara untuk bisa mengetahui apa yang menjadi harapan dan keluhan mereka terhadap brand Anda.
Selanjutnya Anda bisa mengembangkan program loyalitas pelanggan untuk meningkatkan pengalaman mereka dalam berbelanja dan juga mendapatkan loyalitas pelanggan. Program loyalitas bisa berupa potongan harga hingga poin yang bisa mereka gunakan.
Manfaatkan Channel Digital
Channel digital adalah tempat yang baik untuk bisnis UMKM tumbuh dan bersaing dengan bisnis besar. Berbeda dengan pasar tradisional, pasar digital membantu Anda terhubung dengan berbagai pelanggan dari segala penjuru. Seperti Indonesia dengan wilayah Kepulauan, akan lebih mudah dalam menggunakan channel digital untuk promosi.
Jika brand Anda menjual sebuah produk, Anda bisa mencoba menggunakan situs-situs marketplace untuk berjualan. Di samping mungkin Anda membangun situs sendiri, tetapi untuk membangun situs sendiri Anda memerlukan investasi yang lebih besar dibandingkan dengan berjualan di marketplace. Kecuali produk yang Anda jual, bukanlah produk yang bisa dengan mudah diperoleh di pasaran.
Selain dengan membangun toko online di marketplace, Anda juga perlu untuk membangun media sosial agar bisnis yang Anda bangun lebih terjangkau dan lebih dekat dengan pelanggan Anda.
Kenali Audiens Target
Cara strategis UMKM berkembang di 2022 mungkin banyak cara yang bisa dilakukan. Ada satu cara yang sering diabaikan oleh pemilik bisnis dalam menjalankan bisnis. Tidak mengenai target audiens yang ingin disasar. Tentu dalam bisnis tidak bisa Anda menyasar semua kalangan, Anda perlu menyasar orang-orang spesifik yang memang membutuhkan produk Anda.
Anda perlu mengetahui apa yang sebenarnya mereka inginkan dan mereka cari. Anda bisa melihat jumlah pencarian berkaitan dengan brand yang Anda miliki menggunakan tools yang tersedia secara gratis, seperti Google Trend yang bisa di akses oleh siapa saja dimana saja.
Selain itu, Anda bisa mencoba menganalisis dan mengumpulkan data pelanggan. Anda bisa mencoba untuk membangun target buyer persona. Baik itu dengan melakukan jajak pendapat media sosial, email, survei, dan formulir online. Saat ini, hampir 90% perusahaan yang menggunakan buyer persona akan lebih memahami mengenai pelanggan mereka.
Melakukan Analisis Kompetitor
Cara strategis UMKM berkembang adalah dengan melakukan analisis kompetitor. Anda memang tidak boleh menggabaikan cara ini. Persaingan di pasar memang tidak bisa Anda hindari, tetapi Anda bisa mencoba untuk menganalisis apa yang dilakukan oleh kompetitor.
Melakukan cara ini bisa menjadi satu cara dalam mengenali kelemahan kompetitor dan memanfaatkannya untuk merancang strategi pertumbuhan. Selain itu, analisis ini juga bisa membantu Anda untuk menemukan apa yang menjadi kelemahan yang Anda miliki. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah untuk melakukan pengembangan strategi.
Salah satu cara untuk melakukan analisis kompetitor dengan cara identifikasi target market Anda. Anda juga bisa mengumpulkan berbagai informasi berkaitan kompetitor dari website atau media sosial yang mereka miliki. Sehingga Anda bisa menggunakannya untuk mendapatkan berbagai macam informasi.
Baca Juga: Optimasi Analisis data untuk Bisnis Temukan Strategi Efektif
Kesimpulan
Mengembangkan bisnis memang membutuhkan berbagai cara strategis yang bisa dilakukan pemilik bisnis. Meskipun cara-cara diatas tidak akan membawa Anda berada di puncak dalam satu malam, tetapi cara strategis UMKM berkembang tersebut bisa membantu Anda mengembangkan bisnis secara stabil. Anda perlu membangun strategi yang akan membantu bisnis lebih menonjol.