Apapun bidang bisnis yang Anda geluti, persaingan selalu ada. Persaingan dalam bisnis adalah hal wajar dan tidak bisa dihindari. Selain hanya memikirkan strategi pemasaran, pengembangan produk, yang dihadapi selanjutnya adalah persaingan. Bagaimana cara menghadapi persaingan bisnis yang cukup ketat saat ini?

Bagi pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) persaingan mungkin menjadi satu hal yang cukup ditakuti. Terlebih jika harus bersaing dengan usaha besar dengan modal yang besar. Tentu akan merasa minder dalam menghadapi persaingan tersebut.

Persaingan yang ada jangan membuat Anda minder. Sekecil bahkan sebesar apapun bisnis yang Anda lakukan, persaingan pasti selalu ada. Anda hanya perlu strategi yang ampuh dalam menghadapi persaingan tersebut.

Baca Juga: Langkah-Langkah Proses Pemetaan Bisnis untuk Meningkatkan Profibilitas

Menghadapi Persaingan Usaha

Riset Mendalam

Ketika Anda ingin memenangi persaingan, satu hal yang perlu dilakukan adalah melakukan riset mendalam mengenai produk Anda dan karakter konsumen yang Anda miliki. Pastikan Anda bisa mendapatkan informasi yang detail mengenai ini.

Riset yang dilakukan bisa mengenai konsumen dan juga riset kompetitor. Anda bisa melihat berapa banyak marketshare yang ada, berapa kira-kira bagian yang akan Anda dapatkan, dan seberapa mampu konsumen Anda membeli produk atau layanan yang Anda miliki.

Anda bisa melakukan riset ini dengan melakukan cek pasar atau melakukan survei dengan kuesioner. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan data yang lengkap mengenai target pasar Anda. Anda bisa menemukan strategi terbaik untuk mulai bisnis.

Setelah data konsumen sudah Anda miliki, Anda bisa mulai riset kompetitor. Apa yang mereka lakukan untuk mendapatkan pasar, dan anda bisa mencari indikator lain berkaitan dengan kompetitor. Baik itu secara langsung maupun secara online.

Anda bisa memperhatikan apa yang dilakukan oleh kompetitor, apa cara unik yang mereka lakukan dalam melakukan promosi. Bukan berarti Anda harus meniru mereka, tetapi bagaimana Anda bisa menciptakan yang lebih unik dan kreatif.

Mengenal Konsumen

Ada banyak pelaku usaha yang tidak memiliki informasi yang lengkap mengenai konsumen mereka. Padahal mengetahui data konsumen menjadi hal penting yang perlu dijalankan oleh bisnis.

Pasalnya, data lengkap konsumen yang Anda miliki akan membantu Anda membangun strategi pemasaran, menciptakan produk yang layak, hingga menentukan harga yang tepat untuk bisnis Anda. Bahkan Anda harus menyiapkan sarana komunikasi antara Anda dengan konsumen.

Branding

Brand merupakan salah satu faktor yang menentukan pertumbuhan bisnis di masa depan. Anda perlu berbagai cara untuk mengenalkan brand kepada khalayak, terutama pada target market Anda. Branding segala proses untuk menentukan misi, visi, dan menunjukan karakter dari produk atau layanan yang diciptakan. 

Memang untuk melakukan branding, tidak bisa dilakukan pada waktu yang singkat, terlebih jika dana Anda sedikit. Tetapi ketika brand Anda berhasil, tentu ini tidak akan menjadi sia-sia. Anda akan memperoleh:

  • Merek yang mudah dikenal masyarakat
  • Memberikan bisnis posisi yang kuat
  • Kepercayaan terhadap brand meningkat
  • Mudah dalam pemasaran

Namun, semua perlu strategi yang tepat agar bisnis Anda cepat berkembang. Branding menjadi satu cara menghadapi persaingan bisnis yang ketat. Tanpa branding, akan sangat sulit bisnis bisa berjalan dengan mudah.

Eksplorasi Market

Menghadapi persaingan Bisnis yang kompetitif
Source: Readytrainingonline.com

Mungkin hal ini jarang dilakukan para pebisnis lainnya. Brand Anda bisa mencoba untuk memasukinya dengan mudah. Eksplorasi bisa dilakukan dengan melakukan riset mendalam mengenai market-market baru. 

Melakukan eksplorasi market baru mungkin akan lebih mudah dilakukan saat ini. Disebabkan perubahan yang cepat mendorong masyarakat untuk mengikuti tren yang ada. Bagi para pelaku bisnis, sangat perlu untuk selalu membaca tren, situasi, dan keinginan konsumen.

Menjaga Loyalitas

Saat Anda ingin memenangi persaingan pasar yang ketat, salah satu cara yang cukup efektif adalah menjaga loyalitas konsumen Anda. Terutama dari segi pelayanan. Konsumen akan sangat senang jika Anda melakukan pelayanan yang baik dan terhadap konsumen. 

Anda juga perlu melatih staf Anda dalam bersikap kepada konsumen. Ketika Anda sudah memiliki pelayanan prima, konsumen akan menjadi loyal dengan Anda. Saat mereka lama tidak melakukan transaksi, Anda bisa mencoba untuk menghubungi konsumen secara langsung.

Baca Juga: Menciptakan Program Loyalitas Pelanggan B2B

Kolaborasi

Saat ini sering sekali di dengar kerjasama antar brand. Kegiatan ini dikenal dengan kolaborasi. Kolaborasi bisa dilakukan untuk menghadapi persaingan bisnis yang ketat. Bahkan Anda mungkin bisa mendapatkan hasil yang cukup baik ketika melakukan kolaborasi. Aktivitas kolaborasi bisa menjadi harapan untuk memperoleh konsumen atau pasar baru.

Kolaborasi bisa dilakukan dengan brand yang memiliki target pasar yang sama. Anda bisa sama-sama membuat layanan bundling bersama. Bahkan kolaborasi bisa dilakukan dengan cara menggaet bisnis sejenis. Hal ini untuk mempersempit persaingan dan memperluas pasar yang sama.

Inovasi

Ketika persaingan semakin ketat, tentu untuk mendapatkan pasar perlu sekali melakukan inovasi. Inovasi sangat perlu dilakukan, ketika tren sudah berubah. Inovasi dilakukan untuk terus mengikuti permintaan pasar. Brand yang tidak melakukan inovasi, akan sulit bersaing. 

Ada banyak cara untuk melakukan inovasi, Anda bisa dengan membaca buku, menonton video, dan selalu melihat tren sosial media. Bisa juga belajar dengan brand-brand lama yang mampu menghadapi situasi zaman dan bertahan hingga saat ini.

Jujur

Ketika persaingan semakin ketat, menghadapi persaingan juga akan sangat sulit. Sebaiknya Anda tetap menjaga kejujuran kepada konsumen. Banyak brand yang harus kehilangan pasar karena mereka tidak jujur kepada konsumen. 

Biasanya brand yang tidak jujur, mereka tidak mengungkapkan secara benar mengenai produk yang mereka miliki. Hanya sekedar demi mendapatkan penjualan. Padahal kejujuran bisa membantu brand menjaga hubungan baik dengan konsumen. Anda perlu memberitahu para staff agar bisa mengatakan secara jujur tentang produk. 

Itu beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam menghadapi persaingan bisnis yang cukup ketat. Dan jangan lupa, setiap aktivitas bisnis perlu dilakukan pencatatan keuangan dengan akurat dan tepat. Sehingga proses keuangan bisa lancar. 

Agar kemudahan pencatatan dan pembukuan, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online yang akan menunjang keuangan bisnis Anda. Di Accurate Online Anda bisa melakukan pencatatan, pembukuan, laporan keuangan, inventaris, dan juga perhitungan pajak. Dapatkan Accurate Online sekarang juga.