[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Sebuah bisnis dapat berjalan dengan baik apabila memiliki sistem komunikasi bisnis yang baik pula. Dalam sebuah perusahaan, komunikasi yang jelas harus diterapkan antara karyawan, manajer, pimpinan bisnis hingga kepada para pelanggan bisnis. Jika tidak dijalankan dengan tepat, maka bisa menyebabkan kekacauan dalam bisnis hingga loss sales.
Bisa dikatakan komunikasi jenis ini sangat penting untuk perusahaan karena dapat menentukan kelancaran suatu bisnis berjalan.  Sebuah tindakan dimana terjadi pertukaran pendapat, informasi, instruksi dll yang dapat disampaikan dengan berbagai cara pula. Pada umumnya, komunikasi dilakukan untuk tujuan tertentu baik yang berkaitan dengan kebutuhan perusahaan atau bisnis.

Tujuan Komunikasi Bisnis

Pada dasarnya komunikasi dalam bisnis memiliki tujuan utama sebagai pemberi informasi, persuasi, kolaborasi hingga integrasi. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan masing-masing tujuan dari sebuah komunikasi dalam dunia bisnis:

1. Memberikan Informasi

Salah satu tujuan utama dalam komunikasi bisnis adalah memberikan informasi terkait sebuah bisnis kepada pihak lain dengan tujuan tertentu.
Bentuk dari komunikasi tersebut bisa berupa surat elektronik, iklan maupun melalui website perusahaan. Dengan dunia digital yang berkembang pesat, sebagian besar perusahaan menggunakan media tersebut sebagai alat menyampaikan sebuah informasi.
Salah satu contoh bentuk atau jenis komunikasi ini adalah pemberitahuan kepada karyawan untuk bekerja WFH. Sebuah perusahaan memutuskan untuk memberikan keringanan pekerjanya dengan bekerja di rumah selama masa corona. Agar informasi ini dapat tersampaikan ke seluruh karyawan perusahaan, maka dapat dikirimkan ke email seluruh karyawan.

2. Teknik Persuasi

Selanjutnya, tujuan dari sebuah komunikasi dalam bisnis adalah untuk melakukan persuasi atau memberikan pengaruh kepada pihak lain.
Persuasi adalah mempengaruhi atau meyakinkan pihak lain agar sepaham atau setuju dengan yang diinginkan oleh perusahaan. Biasanya hal ini dilakukan oleh pihak procurement ketika ingin membeli sebuah barang. Namun, ketika menginginkan harga yang murah, perusahaan harus membeli dengan jumlah minimal tertentu.

3. Kerjasama

Sebuah komunikasi bisnis yang baik juga bertujuan untuk membuat kerjasama yang baik dengan pihak lain baik dalam bentuk perorangan atau perusahaan.
Saat ini, proses kerja sama dapat dilakukan untuk tujuan pengembangan perusahaan maupun untuk meningkatkan penjualan. Sama seperti sebelumnya, alat yang paling sering digunakan untuk tujuan ini adalah email, Video call dan internet.

4. Integrasi

Sering kali masalah yang terjadi dalam sebuah perusahaan adalah karena adanya miss komunikasi antara satu pihak dengan pihak lainnya. Hal ini dikarenakan komunikasi yang tidak lancar sehingga menyebabkan informasi yang diterima pun hanya sebagian.
Oleh karena itu, komunikasi bertujuan untuk mengintegrasi seluruh informasi menjadi satu sehingga membuat informasi menjadi lebih jelas dan dimengerti oleh pihak lain.
Untuk proses pembukuan yang ramah pajak, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur penghitungan dan pelaporan pajak terlengkap seperti Accurate Online.
Dengan menggunakan Accurate Online, Anda tidak hanya mendapatkan fitur pembukuan yang mudah dan sesuai standar, namun juga fitur perpajakan terlengkap yang tidak ada pada software akuntansi lainnya di Indonesia. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

[/vc_column_text][vc_widget_sidebar sidebar_id=”sidebar-bisnis”][/vc_column][/vc_row]